Friday, November 28, 2014
Lomba Balita Sehat
Thursday, November 27, 2014
Field Of Experience
Tuesday, November 25, 2014
Edu Touring with Club Pajero Indonesia One
Jalan-jalan Beredukasi bersama keluarga besar Pajero Indonesia One (PI-1) ke Ujung
Genteng, Sukabumi (27-28/9). Acara yang diikuti 35 mobil anggota PI1
memiliki agenda utama melihat penangkaran penyu hijau dan menyaksikan
pelepasan tukik ke laut di Pantai Pangumbahan.
Kegiatan dipelopori dan dilaksanakan oleh pengurus PI1 Jayakarta #4 (Cibubur, Depok, Bogor, dan sekitarnya) ini dimulai di Rest Area KM 34 Tol Jagorawi. Namun, beberapa anggota PI1 di wilayah Jawa Barat khususnya Bandung juga bergabung di turing yang memakan waktu 8 jam hingga tiba di lokasi. Rombongan peserta mengakhiri edu touring dengan perasaan senang dan gembira serta tidak bersabar untuk mengikuti touring berikutnya.
Kegiatan dipelopori dan dilaksanakan oleh pengurus PI1 Jayakarta #4 (Cibubur, Depok, Bogor, dan sekitarnya) ini dimulai di Rest Area KM 34 Tol Jagorawi. Namun, beberapa anggota PI1 di wilayah Jawa Barat khususnya Bandung juga bergabung di turing yang memakan waktu 8 jam hingga tiba di lokasi. Rombongan peserta mengakhiri edu touring dengan perasaan senang dan gembira serta tidak bersabar untuk mengikuti touring berikutnya.
Thursday, November 6, 2014
Baik –Baik Saja
Televisi
mempunyai pengaruh yang kuat terhadap khalayaknya. Dunia televisi di Indonesia
telah berkembang menjadi industri yang menjual isi program sebagai komoditas.
Kebutuhan dan keinginan publik yang semakin kompleks secara otomatis mengundang
berbagai media untuk menghadirkan program-program yang baru dan menarik.
Dibandingkan
dengan media lain seperti radio, surat kabar, majalah, buku dan lain
sebagainya, televisi memiliki sifat yang istimewa. Selain audio-visual,
televisi bersifat informatif, menghibur, mendidik, politis, atau bahkan
gabungan keempatnya.
Walaupun
sudah muncul media baru yaitu internet, televisi tetap baik-baik saja, malah
sebagian besar pemilik media televisi menggunakan internet untuk promosi
program dengan tujuan orang-orang menonton media televisinya. Lewat website dan
media social, sebagai contoh program-program yang ada di Net salah satunya
yaitu Sarah Sechan dengan menggunakan media social Twitter, yang memberikan
informasi seputar program acara tersebut. Seperti apa yang akan dibahas pada
episode kali ini, siapa saja bintang tamunya dan sebagainya, sehingga
orang-orang menjadi penasaran dan akan menantikan program acara tersebut, lalu
langsung menontonnya. Net merupakan televisi swasta yang baru merayakan satu
tahunnya, namun kini program-programnya sudah diketahui khalayak.
Kehadiran internet dijadikan positif oleh para awak media, walaupun pengaruhnya
hanya di perkotaan dan daerah-daerah yang terintegrasi internet.
Dinis
Ginting, selaku produser salah satu program berita di LPP TVRI mengatakan
bahwa televisi di Indonesia baik-baik saja, tidak akan pernah mati begitu saja.
Istilahnya “masih tetap jaya”. Mengapa? Karena kebanyakan orang mengharapkan
yang instan, hanya dengan menekan tombol on, perhatikan layar kaca TV anda,
maka anda mendapatkan apa yang dibutuhkan. Ada informasi, hiburan, pendidikan
dan sebagainya.
Ditambah
lagi rasa kekeluargaan yang sangat kental dan masih ada ruang untuk
berkumpulnya massa. Yaitu dalam dunia kerja yang sering mengadakan pertemuan
baik didalam maupun di luar kantor, kemudian ibu-ibu rumah tangga yang
mengadakan perkumpulan, dan masih banyak ditemukan perkumpulan atau komunitas
yang sering mengadakan pertemuan. Dalam setiap pertemuan ini pun televisi
dibutuhkan, bukan sekedar media saja namun menjadi pelengkap dari sebuah
pertemuan. Terkadang televisi menjadi alasan orang-orang berkumpul, yaitu masih
ada istilah “nonton bareng”, hal ini membuktikan eksistensi pertelevisian di
Indonesia.
Sebagai
contoh, saat masa kampanye Pilpres kemarin, media televisi menghadirkan “Debat
Capres-Cawapres”, sebagian besar masyarakat Indonesia menantikan program acara
tersebut. Dari pihak pemerintahan, memilih media televisi mana yang berhak
menjadi tuan rumah dalam program acara tersebut. Lalu pihak media pun
menghadirkan dalam bentuk streaming di internet, namun saat acara berlangsung
semua hanya tertuju pada layar kaca Televisi. Internet hanya sebagai pelengkap
untuk program tersebut, yaitu untuk promosi dan wadah untuk berinteraktif membahas
program acara tersebut.
